google-site-verification=ZkMMbvMM2MmnH7UV46F_oLq2-IeeFrWW3yXFQLrYh_Y
Beranda » Blog » Cek Kesiapan Menuju Pernikahan dengan Jawab Pertanyaan Berkut Ini!

Cek Kesiapan Menuju Pernikahan dengan Jawab Pertanyaan Berkut Ini!

Diposting pada 28 November 2020 oleh Fiya / Dilihat: 752 kali

Kita akan berbicara lagi soal pernikahan. Seperti yang kita tahu, sudah semestinya kalau pernikahan ini akan dibangun oleh sepasang kekasih. Karena melibatkan dua orang dengan beda raga, jiwa dan latarbelakang, maka keduanya juga harus menyamakan frekuensi dan tujuan agar dapat menjalankan perjalanan panjangnya dengan lebih siap. Untuk mengetahui sejauh mana kesiapan menuju pernikahan, coba deh jawab beberapa pertanyaan berikut ini :

  1. Apa tujuan kalian bersama

kesiapan menuju pernikahan

Pertanyaan pertama yang wajib kalian jawab yang pertama adalah “APA TUJUAN KALIAN BERSAMA’, ‘akan dibawa ke mana hubungan kalian? Jika kalian sudah memasuki umur kepala dua, maka sepertinya ini juga jadi pertanyaan penting ketika menjalin hubungan dengan lawan jenis. Sebab, di fase ini, usia seorang bisa disebut dewasa, tidak lagi hanya memikirkan soal hura-hura. Usia matang ini juga harus memikirkan masa depan termasuk soal karier dan keluarga.

Nggak mungkin bukan untuk membuang waktu, jika pasanganmu tidak memiliki niat ke arah yang lebih serius, maka sebaiknya kamu tentukan dari sekarang apakah kamu akan lanjut atau berhenti dengannya. Jika sudah memiliki niat serius, maka rencanakan dari sekarang. Hal ini juga terkait dengan pertanyaan, “Siap nggak si kalian melepas kebebasan”? Sebab, jika sudah menikah maka kebebasan kalian sebagai seorang yang belum berkeluarga otomatis hilang.

 

  1. Jika ingin menikah, Keluarga seperti apa sih yang akan dibangun nanti?

keluarga

kompas.com

Lanjut ke pertanyaan selanjutnya, jika jawaban kalian adalah mau melanjutkan hubungan ke arah yang lebih serius lagi, maka bicarakanlah, keluarga seperti apa sih yang ingin dibangun? Kalian ingin masa depan seperti apa sih nanti? Karena membangun keluarga baru bukan hal mudah, dan kalian adalah tokoh utama yang menentukan masa depan keluarga yang dibangun nanti. Maka, jangan salah langkah, bicarakan coba mimpi kalian bersama nanti seperti apa?

 

  1. Memilih untuk tinggal dimana nanti? Bersama orang tua atau ngontrak?

Kesiapan menuju pernikahan - Rumah tempat tinggal

aurorabeachfont via pinterest.com

Pertanyaan seputar kesiapan menuju pernikahan masih lanjut, jika sudah menikah nanti, mau tinggal dimana? Terutama jika kalian adalah pasangan yang belum memiliki rumah sendiri. Pertanyaan ini jadi penting loh, karena nantinya kalian akan tinggal bersama bukan?

Pertanyaan soal tempat tinggal/papan ini memang jadi satu hal penting yang sering dianggap sepele oleh pasangan. Banyak pasangan yang merasa tidak nyaman jika harus tinggal bersama mertua, tapi di sisi lain, dengan tinggal bersama kalian bisa lebih hemat sambil bersiap mencari tempat tinggal baru. Pernah dengar nggak si, kalau dalam satu istana, tidak mungkin ada 2 ratu. Yap, ini juga soal aturan pengelolaan rumah tangga yang mungkin berbeda, kamu jadi tidak leluasa melakukan segala aktivitas meski masih dalam lingkungan kerabat.

Jika lebih memilih untuk ngontrak, maka bangunlah komunikasi yang baik. Diskusikan juga berbagai konsekuensi yang muncul dari kedua pilihan tersebut (tinggal bersama orang tua atau ngontrak rumah). Keduanya sama-sama punya plus minus. Pernikahan adalah petualangan dan ibadah terpanjang dengan segala kemungkinan yang menakjubkan. Siap-siap yaa.

 

  1. Soal penghasilan dan keuangan, bagaimana pembagiannya?

Anggaran biaya-harga

studymanajemen.com

Jika saat single kalian dapat mengatur keuangan masing-masing, karena memang punya kebutuhan dan pendapatan sendiri-sendiri, maka beda saat kamu sudah berkeluarga. Agak sensitif, tapi cobalah bicarakan secara terbuka agar tidak ada permasalahan ke depannya. Termasuk bicarakan pengeluaran wajib yang harus pasanganmu tahu.

BACA JUGA : Ciri Pernikahan Sehat Seperti Apa Sih? Cek Indikator Berikut Yuk!

  1. Untuk istri, akankah memilih menjadi wanita karier atau ibu rumah tangga?

tips rumah tangga arda dan tantri

wowkeren.com

Masih membicarakan soal pertanyaan wajib seputar kesiapan menuju pernikahan, ini soal karier. Peran wanita dalam keluarga sangat besar, terutama seorang istri. Jika sudah menikah nanti, apa yang akan dipilih membiarkan istri menjadi wanita karier atau mengharuskan ia menjadi ibu rumah tangga. Kedua pilihan ini sama-sama memiliki konsekuensi. Jangan sampai keputusan besar ini baru dibicarakan setelah menikah.

 

Tags: , ,

Bagikan ke

Cek Kesiapan Menuju Pernikahan dengan Jawab Pertanyaan Berkut Ini!

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

Cek Kesiapan Menuju Pernikahan dengan Jawab Pertanyaan Berkut Ini!

Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: