INFO: Kami menerima pesanan cincin kawin dengan model sesuai keinginan Anda Offline Store : Jl. Gedongkuning Sel. No.97, Pringgolayan, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55194 Kami menerima pemesanan cincin kawin dari bahan Emas, Palladium, Platinum, Perak, dan Berlian
Beranda » Artikel Terbaru » Jenis Cincin Berdasarkan Bahannya. Ada Banyak, Pilih Mana?

Jenis Cincin Berdasarkan Bahannya. Ada Banyak, Pilih Mana?

Diposting pada 26 October 2020 oleh Fiya | Dilihat: 40 kali

Kamu lagi cari cincin untuk hari spesialmu? Sepertinya informasi ini akan bermanfaat. Tahu nggak si, kalau cincin itu ada banyak jenis dan macamnya. Jenis cincin ini bisa dikelompokkan berdasarkan beberapa hal. Yuk ketahui sebelum kamu menentukan pilihanmu.

Jenis cincin berdasarkan bahan pembuatannya

jenis cincin

Perhiasan merupakan sebuah benda yang dijadikan aksesoris yang fungsinya adalah menambah sebagai hiasan penambah nilai kecantikan. Berdasarkan bahan pembuatannya, cincin dapat dikelompokkan menjadi :

Logam

Cincin dari bahan logam merupakan salah satu jenis cincin yang masuk kategori cincin mewah. Perhiasan yang terbuat dari bahan logam sudah pasti memiliki kesan elegan, premium, dan eksklusif. Tentu saja, wajar bukan jika cincin logam adalah perhiasan yang sangat pas untuk mewakilkan ikatan spesial seperti tunangan/lamaran atau pernikahan.

Hal ini juga didukung dengan beberapa keunggulan yang dimilikinya, seperti :

  • Cincin logam lebih tahan lama dibanding dengan cincin dari bahan selainnya

Ya, karena sifat bahannya yang tidak mudah berkarat, tidak rapuh, tidak mudah patah, tidak berjamur dan keras, sudah tentu kualitasnya lebih oke dibanding dengan bahan lain.

  • Memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding yang lain

Sudah menjadi rahasia umum kalau logam mulia memiliki harga cukup tinggi. Sehingga jika dilihat dari segi harganya ini, cincin logam lebih bisa mewakilkan gimana royalnya seorang pria untuk wanitanya. Terlebih ketika melamarnya.

  • Cocok dipadukan dengan permata mulia

Yang suka dengan tampilan mewah, penambahan cincin dengan batu mulia jadi keistimewaan tersendiri. Nah, cocok sekali jika permata tersebut dipadukan dengan cincin dari logam, bukan dari bahan sintetis, kau atau yang lainnya

  • Mudah mendapatkannya

Sekarang ini banyak toko perhiasan yang melayani penjualan cincin logam sampai berlian, tidak perlu repot menyusunnya sendiri karena bisa dengan mudah mendapatkannya. Bahkan bisa custom, seperti di Kotagede jewellery.

 

Macam-macam cincin dari bahan logam

Ada banyak jenis logam mulia yang dapat dijadikan perhiasan. Bukan hanya ada emas loh, bagi kamu yang bosan dengan emas dan ingin memilih cincin premium selain emas, ada pilihan lain nih. Jenis cincin dari bahan logam ini dapat kita bagi lagi menjadi beberapa kelompok, diantaranya adalah logam berikut :

EMAS

Sudah jadi logam favorit sepanjang masa, emas tetap memiliki pesona sebagai sebuah perhiasan. Logam ini umum jadi bahan utama pembuatan aksesoris wanita mulai dari cincin, kalung, gelang, anting, broch, sampai gelang kaki.

Selain ada emas kuning, ada juga loh emas lain yakni emas putih dan rosegold. Duda jenis emas lain ini bisa jadi aternatif kamu yang tetap ingin menggunakan emas tapi malas dengan kesan klasik dan kunonya.

Siapa tak suka tampil glamor mewah, pilih saja emas putih. Dengan menambahkan berlian atau kristal putih ditengahnya, jemari kamu akan terlihat makin cantik dengan cincin emas putih menyema diantaranya.

Kalau kamu wanita yang lebih suka tampil dengan kesan manis, pilih saja emas rose (rose gold). Warnanya pink keemasan. Dijamin, tampilan harian kamu makin sempurna dengan cincin dari rosegold ini.

 

PALLADIUM

Logam palladium nampaknya mulai banyak nih peminatnya. Bahan logam yang juga masuk dalam keluarga platina ini halal untuk pria muslim, tidak menimbulkan alergi, tidak berkarat dan mudah perawatannya. Memiliki warna agak keabuan, kesan maskulin bagi mereka yang mengenakannya pun sudah jelas jadi nilai keunggulannya.

 

PLATINUM/platidium

Masih butuh cincin dari bahan logam yang lebih premium? Lebih ada di atas palladium, cincin dari bahan platinum sudah pasti jawabannya. Bahan logam ini memiliki segudang keunggulan yang sudah pasti jadi daya tariknya :

  • Halal untuk pria,sehingga aman digunakan dalam keseharian. Tidak menggunakan emas, mereka para pria bisa menggunakan bahan ini sebagai cincin pernikahannya
  • Anti karat
  • Anti alergi
  • Keras tidak mudah bengkok
  • Tidak mudah tergores
  • Mudah perawatannya

Bahan platinum yang keras menjadikannya cukup sulit saat melalui proses produksinya. Cincin dari bahan platina juga aman digunakan dalam berbagai aktivitas, meskipun terkena benturan/goresan.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan bahan platina sebagai bahan utama pembautan cincinmu, bisa deh memilih cincin platidium. Tidak berbeda dengan bahan platinum, platidium merupakan penyempurnaan bahan platinum ini. Platidium dibuat dari kombinasi platinum dan palladium, sehingga kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Sifatnya pun sama bagusnya. Tentu saja, haganya lebih mahal dibandingkan dengan emas dan palladium.

 

PERAK

cincin putih motif silang

jewinstone.com

Perak juga jadi satu jenis logam yang cukup banyak dipasarkan sebagai bahn utama perhiasan. Sifatnya yang ringan, mudah dibentuk, dan warna putih yang cenderung netral tentu jadi keunggulannya. Namun, karena sifatnya yang lentur ini, juga berdampak pada mudahnya ia tergores atau berubah bentuk ketika berbenturan dengan bahan lain.

Harganya memang cukup terjangkau, tapi kamu juga harus siap untuk melakukan perawatan lebih seperti lapis ulang dan berhati-hati saat menggunakannya karena perak mudah kusam dan menghitam.

SINTETIS-RESIN

jenis cincin resin

shopee.co.id

Cincin dari bahan sintetis seperti resin merupakan cincin dengan sentuhan seni yang cukup tinggi. Biasanya, jenis cincin ini dibuat juga dengan teknik handmade. Jika dipadupadankan dengan komposisi yang unik, cincin dari bahan ini bisa tampak sangat menawan. Namun, demikian cincin ini lebih cocok digunakan sebagai cincin aksesoris dalam tampilan harianmu.

Kelemahan yang dimilikinya adalah, tidak dijual di toko perhiasan biasa, kamu perlu pesan khusus, dan cincin ini juga bisa menglami kekusaman seiring penggunaannya. Jika terkena benturan cukup keras, ada kemungkinan resin akan pecah.

KAYU

jenis cincin kayu

id.pinterest.com

Masih kurang? Ini dia cincin jenis lain dari bahan kayu. Lebih tampak klasik. Cincin ini juga sulit dan tidak bisa diresize. Namun, cukup estetis dan dapat diberi ukiran nama seperti cincin logam. Namun untuk daya tahannya jelas kalah jika dibandingkan dengan logam. Jika perawatannya salah, cincin dari bahan kayu ini bisa mengalami jamuran.

Itu dia beberapa jenis cincin yang ada di pasaran. Semua cincin tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing

Bagikan informasi tentang Jenis Cincin Berdasarkan Bahannya. Ada Banyak, Pilih Mana? kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis Cincin Berdasarkan Bahannya. Ada Banyak, Pilih Mana? | Jual Cincin Palladium

Komentar dinonaktifkan: Jenis Cincin Berdasarkan Bahannya. Ada Banyak, Pilih Mana?

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Cincin Kawin Tunangan Palladium Akik PD0269

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Cincin Kawin Tunangan Palladium Akik PD0269 Rp 4.510.000
Pre Order / PD0269
Rp 4.510.000
Pre Order / PD0269
Popular!
Cincin Kawin Kombinasi Platinum dan Emas Putih Jogja C029

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Cincin Kawin Kombinasi Platinum dan Emas Putih Jogja C029 Rp 7.621.000
Pre Order / C029
Cincin Kawin Tunangan Rosegold Unik RG0207

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Cincin Kawin Tunangan Rosegold Unik RG0207 Rp 3.400.000
Pre Order / RG0207
Rp 3.400.000
Pre Order / RG0207
SIDEBAR